P3k Dasar

P3k dasar
Dasar-Dasar Pertolongan Pertama dan Komponen Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu
- Menyelamatkan jiwa penderita atau korban.
- Mencegah cacat.
- Memberikan rasa nyaman sehingga menunjang proses penyembuhan.
Apa dasar hukum P3K di tempat kerja?
Dengan di laksanakan Pelatihan Petugas Pelaksana P3K di Tempat Kerja, berarti sudah memenuhi peraturan perundang – undangan Ketenagakerjaan yaitu UU Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Nomor : Per.
Sebut dan jelaskan 4 Langkah menangani P3K secara lengkap?
Berikut ini langkah pertolongan pertama pada kecelakaan yang bisa dilakukan:
- Amati dan Waspadai Kondisi Lingkungan.
- Cek Tingkat Kesadaran Korban. ...
- Periksa Pernapasan dan Kondisi Luka Korban. ...
- Lakukan Kompresi Dada untuk Memberikan Bantuan Pernapasan. ...
- Periksa Kondisi Luka.
Apa tujuan utama dari P3K?
P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) ialah upaya pertolongan serta perawatan untuk sementara agar korban kecelakaan keadaannya bisa lebih baik sebelum mendapat pertolongan yang lebih sempurna dari dokter atau paramedic.
Siapa saja pelaku pertolongan pertama?
Pelaku Pertolongan Pertama : Penolong yang pertama kali tiba di tempat kejadian, yang memiliki kemampuan & terlatih dalam penanganan medis dasar.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan P3K?
Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan di tempat kerja selanjutnya disebut dengan P3K di tempat kerja, adalah upaya memberikan pertolongan pertama secara cepat dan tepat kepada pekerja/buruh dan/atau orang lain yang berada di tempat kerja, yang mengalami sakit atau cidera di tempat kerja.
Apa tugas dari petugas P3K?
Petugas P3K di tempat kerja mempunyai tugas : a. melaksanakan tindakan P3K di tempat kerja; b. merawat fasilitas P3K di tempat kerja; c. mencatat setiap kegiatan P3K dalam buku kegiatan; dan d. melaporkan kegiatan P3K kepada pengurus.
Berapa petugas P3K?
Potensi Bahaya | Jumlah pekerja | Jumlah petugas P3K |
---|---|---|
Tempat kerja dengan potensi bahaya rendah | Kurang dari 150 >150 | 1 1 untuk setiap 150 orang (2 untuk 300 orang dst) |
Tempat kerja dengan potensi bahaya tinggi | Kurang dari 100 >100 | 1 1 untuk setiap 100 orang (2 untuk 200 orang, dst) |
Berapa orang petugas P3K?
Perusahaan dengan Potensi Bahaya Rendah dengan Jumlah Pekerja 150 orang, Petugas P3K yang wajib disediakan yaitu 1 orang. Perusahaan dengan Potensi Bahaya Tinggi dengan Jumlah Pekerja 100 orang, Petugas P3K yang wajib disediakan yaitu 1 orang.
Fasilitas P3K apa saja yang harus dipenuhi di tempat kerja?
Ruang P3K dilengkapi dengan perlengkapan-perlengkapan berikut ini :
- Wastafel dengan air mengalir.
- Kertas tisue/lap.
- Usungan/tandu.
- Bidai/spalk.
- Kotak P3K dan isi.
- Tempat tidur dengan bantal dan selimut.
- Tempat menyimpan tandu atau kursi roda.
- Sabun dan sikat.
Apa warna kotak P3K?
Persyaratan kotak P3K sebagaimana yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia No. PER. 15/MEN/VIII/2008 adalah sebagai berikut : 1. Terbuat dari bahan yang kuat dan mudah dibawa, berwarna dasar putih dengan lambang P3K berwarna hijau.
Apa syarat untuk ditunjuk menjadi petugas P3K di tempat kerja?
bekerja pada perusahaan yang bersangkutan; sehat jasmani dan rohani; bersedia ditunjuk menjadi petugas P3K; dan. memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar di bidang P3K di tempat kerja yang dibuktikan dengan sertifikat pelatihan.
Sebutkan apa tujuan dilaksanakan P3K di kantor kantor?
Tujuan P3K adalah untuk menyelamatkan nyawa, meringankan penderita korban seperti meringankan rasas nyeri, mencegah cedera/penyakit bertambah parah seperti mencegah pendarahan, mempertahankan daya tahan korban, menunjang upaya penyembuhan, mencarikan pertolongan lebih lanjut.
Apa yang terjadi jika tidak ada P3K?
Jika tindakan P3K tidak dilakukan saat terjadi kecelakaan di tempat kerja, akibatnya dapat memperburuk keadaan korban bahkan menimbulkan kematian. Kecelakaan dalam pekerjaan memang bukan sesuatu yang diinginkan oleh siapapun, termasuk pekerja.
Berapa lama Lisensi Petugas P3K di tempat kerja?
Pelatihan Petugas P3K, setelah mengikuti pelatihan ini peserta akan memperoleh Lisensi K3 (SIO) yang berlaku selama 5 tahun dan Sertifikat dari Kemnaker RI.
Bagaimana Cara kotak P3K dan penempatannya?
Penempatan kotak P3K sesuai Peraturan
- pada tempat yang mudah dilihat dan dijangkau, diberi tanda arah yang jelas, cukup cahaya serta mudah diangkat apabila akan digunakan;
- disesuaikan dengan jumlah pekerja/buruh, jenis dan jumlah kotak P3K sebagaimana tercantum dalam Lampiran III Peraturan Menteri ini;
Berapa isi kotak P3K?
Daftar Isi : 20 pcs, Kassa Steril 16x16cm. 2 roll, Perban 5 cm. 2 roll, Perban 10 cm. 2 roll, Plester Gulung 1/2inch.
Jenis kotak P3K apakah untuk tempat kerja dengan faktor resiko rendah dengan tenaga kerja 26 sampai 50?
Kotak P3K (First Aid Box) dengan isi kotak P3K standar Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. PER. 15/MEN/VIII/2008 tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan di Tempat Kerja. Kotak P3K ini adalah jenis kotak B, yaitu kotak P3K untuk 26 orang sampai dengan 50 orang karyawan.
Apa saja kriteria yang harus dimiliki oleh petugas P3K?
Kriteria Petugas P3K
- Harus bekerja di tempat yang bersangkutan.
- Pribadi yang sehat jasmani dan rohani.
- Bersedia untuk dibebankan sebagai petugas P3K.
- Harus memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar dalam bidang P3K yang dibuktikan dengan adanya sertifikasi.
Apakah P3K bisa diangkat jadi PNS?
Tenaga honorer masih bisa diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).
Post a Comment for "P3k Dasar"